Proses Pembuatan Kaca

Sunday, May 31, 2009

Pernahkah anda tahu bagaimana proses pembuatan kaca sehingga hal tersebut dapat kita manfaatkan sekarang ? Khususnya untuk kaca datar maka ada beberapa proses yang dilakukan agar bisa nampak seperti sekarang ini. Pengerjaannya sama seperti kaca lengkung yang saat ini kita manfaatkan untuk kaca mobil, etalase dan kaca lengkung rumah. Ternyata proses pembuatan kaca dari awal hingga akhir tidak semudah hasil yang telah kita lihat, namun ada beberapa tahap yang harus dilalui hingga berbentuk seperti sekarang ini.

Kaca dibuat dengan mencampur pasir dengan abu soda dan kapur atau dengan oksida timah. Bangsa Mesir kuno dianggap sebagai orang-orang pertama yang membuat kaca. Di alam juga ada bahan pembuat kaca, gambarnya seperti ini :

Tiga bahan dasar dicampur dengan cullet (pecahan kaca), dolomite dan saltcake, kemudian dilelehkan dalam tungku pembakaran. Panas sangat tinggi membuat bahan-bahan itu menyatu dan mencair, lalu keluar tungku dan mengalir ke sebuah ruang yang terapung. Disini, kaca mengapung di atas lelehan timah. Setelah agak mendingin, kaca dialirkan ke pipa air yang dingin. Pendinginan lebih lanjut terjadi dengan penyemprotan air pada kaca yang juga berfungsi memperkuatnya. Bila kaca sudah benar-benar dingin, baru dipotong sesuai kebutuhan.
Share this article on :

2 comments:

uQy's said...

http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/35.gif

keder

h5h said...

oke thank tas infonya

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Kaca Lengkung All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.